Fanpage

Peluncuran BANK SAMPAH Dukuh Bulakrejo RT 01 RW 03 dan di bina TP. PKK Desa Tugu

| komentar

TUGU- Ketua Tim Penggerak-PKK Desa Tugu, Sri Handayani, S.Pd.Sd mengajak kader PKK untuk mengembangkan program Bank Sampah. Hal itu diungkapkannya saat peluncurun Bank Sampah yang terletak di dukuh Bulakrejo RT 01 RW 03, Desa Tugu, Kecamatan Jumantono  (23/11/2014) yang merupakan salah satu peluncuran Bank Sampah Binaan TP PKK Desa Tugu. 

"Bank Sampah adalah tempat untuk mengumpulkan berbagai macam sampah yang telah dipisahkan sesuai dengan jenisnya untuk disetorkan ke tempat bengkel kerja lingkungan atau yang lebih dikenal dengan Bank Sampah,

Sampah-sampah yang disetorkan ke Bank Sampah sendiri di bedakan atas beberapa jenis, seperti sampah organik yaitu potongan sayuran, sisa masakan maupun non organik seperti plastik, besi dan lainnya.

"Pengelolaan sampah harus ditujukan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, meningkatkan kualitas lingkungan, dan menjadikan sampah sebagai sumber daya alam," 

Hasil setoran sampah akan ditabung dan dapat diambil atau dicairkan dalam jangka waktu tertentu dengan mengadopsi prinsip perbankan, jadi penyetor sampah akan mendapat buku tabungan

Sampah yang didaur ulang tersebut dapat di jadikan berbagai kerajinan, pupuk, dan lainnya.

 "Dengan begitu sampah yang masih dapat 
didaur ulang seperti bahan organik dapat dimanfaatkan untuk kompos maupun bio gas. Sedangkan bahan non organik didaur ulang menjadi bermacam-macam keterampilan seperti tas, sendal, dan lainnya. Ini sesuai dengan undang-undang 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, bahwa prinsip dalam mengelola sampah adalah 3 R (reduce, reuse, dan recycle)," 
Share this article :
 
Support : Creating Website | Risqk Template | ReDesign Mas Ris Template
Copyright © 2015. TP PKK Desa Tugu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger